RSS

Planet Gliese 581g Mungkin Punya Air, Diduga Ada Kehidupan

18 Des
Tata Surya Gliese 581Perbandingan Tata Surya kita dengan Tata Surya Gliese 581. Planet g berada di tengah zona kehidupan.

Para ilmuwan luar angkasa kembali menemukan sebuah planet yang menyerupai Bumi. Planet bernama Gliese 581g ini adalah yang paling mirip dengan Bumi dari yang pernah ditemukan selama ini.

Bahkan, planet tersebut diduga mengandung air, sehingga memicu dugaan akan adanya kehidupan, atau bisa ditinggali oleh makhluk hidup dari Bumi.

Gliese 581 berjarak 197 triliun Kilometer dari Bumi, mengorbit bintangnya dalam zona ‘Goldilocks’, yang artinya jarak antara planet dan bintangnya memungkinkan akan adanya kehidupan (misalnya posisi Bumi terhadap Matahari).

Melalui pengamatan selama belasan tahun di WM Keck Observatory di Hawaii, muncul dugaan yang kuat bahwa planet ini mengandung air dalam bentuk cair di permukaannya.

Ini membuat Gliese 581g menduduki urutan teratas dalam daftar planet yang dianggap mungkin memiliki kehidupan.

Selain Gliese 581g, para ilmuwan Amerika Serikat yakin bahwa Titan, salah satu dari bulan yang mengitari planet Saturnus, juga punya kondisi yang memungkinkan untuk mendukung kehidupan. Hal ini dinilai berdasarkan kondisi permukaannya, serta susunan unsur kimia yang ada di sana.

Gliese 581g pertama kali ditemukan 11 tahun lalu melalui spektometer HIRES di teleskop Keck I di Hawaii.

Planet ini mengorbit bintang Gliese 581 yang berukuran sekitar 30% lebih kecil dari matahari kita. Sejauh ini telah ada 6 planet yang ditemukan mengorbit Gliese 518, dan Gliese 581g terletak di jarak yang tepat dimana air tidak membeku maupun menguap.

Gliese 581g berukuran empat kali lebih besar dari Bumi dan mengitari bintangnya hanya dalam waktu 37 hari. Dengan demikian, perubahan iklim di planet tersebut sepuluh kali lebih cepat daripada di Bumi.

Ukuran planet ini mengindikasikan bahwa strukturnya tersusun dari bebatuan, mempunyai lapisan terluar yang keras, dan punya gravitasi yang cukup untuk menahan atmosfir.

Seandainya pun memang ada kehidupan di Gliese 581g, ada satu hal yang akan membuat kita penasaran. Planet ini bersifat tidal terhadap bintangnya, sama seperti bulan terhadap Bumi. Ini artinya, hanya satu sisi dari planet ini yang selalu menghadap ke bintangnya. Dengan demikian, satu sisi dari Gliese 581g selalu siang dan sisi lainnya selalu malam.

Berita Terkait:

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 18 Desember 2011 in Tak terkategori

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: